Obat Batu Ginjal Alami Tanpa Obat

Obat Batu Ginjal Alami Tanpa Obat

Obat Batu Ginjal Alami Tanpa Obat,- Anda bisa memanfaatkan cara alami untuk atasi masalah batu ginjal. Obat batu ginjal alami tanpa obat ini bisa sembuhkan masalah batu ginjal yang anda derita tanpa perlu konsumsi obat kimia.

Obat Batu Ginjal Alami Tanpa Obat

Kebiasaan minum kurang air merupakan penyebab utama batu ginjal, jadi tak heran jika banyak pengguna internet mencari informasi tentang "obat batu ginjal" meski merawat batu ginjal tidak perlu menggunakan narkoba, masih banyak cara lain yang bisa dilakukan batu itu. hancur dan keluar dari ginjal.

Seseorang bisa memiliki batu ginjal karena berbagai alasan. Sesuatu terjadi karena air kencing terkonsentrasi karena kekurangan air minum, yang pada gilirannya membuat garam asam dan mineral bersatu membentuk batu. Batu-batu ini dapat mempengaruhi bagian-bagian yang berbeda dari sistem saluran kemih, dari ginjal ke kandung kemih. Karena itu kita lebih tepatnya menyebutnya batu saluran kencing, karena tidak hanya di ginjal.

Anda mungkin menemukan beberapa bantuan untuk batu ginjal untuk disia-siakan melalui saluran kemih, namun proses melewati batu ginjal itu sendiri bisa sangat menyakitkan. Upaya terbaik adalah bagaimana merawat batu ginjal tanpa menimbulkan rasa sakit dan kerusakan permanen pada saluran kemih.

Apakah Anda Memiliki Batu Ginjal?

Sebelum mencoba metode apapun untuk menghancurkan dan menghilangkan batu ginjal, Anda perlu memastikan apakah Anda benar-benar memiliki batu ginjal, batu saluran kemih, atau tidak. Meskipun seseorang memiliki batu ginjal, biasanya tidak mengalami gejala sampai batu mulai bergerak di dalam ginjal dan menemukan titik yang sempit dan kemudian mengganggu. Terkadang batu ginjal masuk ke dalam ureter dan menimbulkan tanda dan gejala tertentu, seperti nyeri saat buang air kecil, nyeri di bagian belakang, tulang rusuk bawah, dan urine berwarna merah jambu, coklat atau merah (urin berdarah).

Rasa sakitnya akan cukup parah tapi biasanya datang dalam gelombang. Anda mungkin mulai buang air kecil lebih sering dan mengalami beberapa gejala lain seperti mual, air kencing mendidih dan berbau busuk, menggigil dan demam, dan sejumlah kecil urin pada satu waktu. Di sini, Anda harus memeriksakan diri ke dokter jika rasa sakitnya sangat parah, lihat darah di air seni, atau rasakan rasa sakit disertai demam dan menggigil.

Cara Mengobati Batu Ginjal?

Meski ada banyak metode pengobatan yang bisa digunakan untuk mengusir batu ginjal, namun pada prinsipnya sama; Pilihan pengobatan yang tepat akan tergantung pada ukuran batu. Penanganan sederhana di rumah tanpa menggunakan obat batu ginjal akan bekerja jika batu berukuran kurang dari 3 mm. Hanya 20% batu ginjal yang bisa diobati dengan pengobatan di rumah saat ukurannya minimal 8 mm. Perawatan medis profesional mutlak diperlukan untuk menyingkirkan batu lebih besar dari 1 cm.

Obat Alami untuk Batu Ginjal

Berikut adalah beberapa solusi rumah yang efektif untuk menyingkirkan batu ginjal.

1. Minum banyak

Minum banyak air putih akan membantu menumpahkan batu ginjal. Anda mungkin perlu minum hingga 2,8 liter per hari untuk melihat hasilnya. Untuk mengetahui apakah Anda sudah cukup minum atau tidak, maka perhatikan warna urinenya, jika Anda melihat urine berwarna bening, maka Anda sudah banyak minum.

2. Gunakan Lemon

Sambil meningkatkan asupan air Anda, Anda juga bisa menggunakan lemon sebagai campuran untuk membantu memecah batu ginjal. Jus lemon mengandung asam sitrat yang membantu memecah batu berbasis kalsium dan membuatnya mudah dibersihkan dengan air kencing. Anda harus mencoba mengkonsumsi hingga 125 ml jus lemon murni sehari.

3. Kurangi asupan garam dan protein

Batasi asupan garam dan daging yang kaya akan protein karena garam meningkatkan kalsium dalam urin, sedangkan protein akan meningkatkan oksalat, kalsium dan asam urat dalam urin. Protein daging mengandung banyak belerang yang membuat masalah semakin buruk.

4. Konsumsi Serat Pangan

Sertakan sayuran segar dan biji-bijian pada makanan sehari-hari saat Anda mencoba mengeluarkan batu ginjal. Beberapa makanan kaya serat juga mengandung phytates yang mengurangi kristalisasi garam kalsium dan mencegah terbentuknya batu ginjal. Tambahkan gandum, jagung, apel, buah beri, dan buah dan sayuran lainnya dalam makanan harian Anda.

5. Hindari Soft Drinks

Saat mencoba mengobati batu ginjal, maka sebaiknya hindari soft drink. Minuman berkafein juga akan memperparah situasi karena memiliki asam fosfat yang akan menambahkan formasi batu. Hindari kopi dan teh untuk mengabadikan tujuan ini.

6. Olahraga

Saat mencoba mengobati batu ginjal, yang harus Anda lakukan adalah berolahraga ringan sampai sedang secara teratur. Ini akan membantu menjaga agar batu tetap bergerak dan membuatnya mudah dibuang melalui urine. Pastikan terus melakukan latihan ringan seperti jalan kaki untuk menghindari rasa sakit saat berolahraga. Istirahatlah jika Anda mulai mengalami rasa sakit karena batu-batu bergerak di dalam saluran kemih.

Prosedur Medis untuk Melepaskan Batu Ginjal

Bila pengobatan di rumah tidak bekerja secara efektif dan Anda memiliki batu ginjal yang besar, maka tidak ada cara lain untuk menjamin daripada menggunakan prosedur medis untuk menghilangkan batu ginjal. Dokter mungkin merekomendasikan pilihan pengobatan yang berbeda berdasarkan pertimbangan kondisi kesehatan dan ukuran batu.

1. Gelombang Suara Hancurkan Batu Ginjal

Dokter melakukannya dengan prosedur yang disebut extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) menggunakan gelombang suara yang bisa menciptakan getaran kuat untuk membantu memecah batu ginjal menjadi potongan-potongan kecil yang mudah dikeluarkan melalui urine. Prosedur ini biasanya memakan waktu 45-60 menit.

Cara ini dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti memar di perut atau punggung, darah dalam urin, pendarahan di sekitar ginjal, dan rasa sakit saat batu melewati saluran kemih.

2. Uteroskop

Untuk menghilangkan batu-batu kecil di ureter atau ginjal, dokter mungkin menggunakan tabung tabung tipis khusus (ureteroskop) yang dilengkapi dengan kamera melalui uretra dan kandung kemih ke ureter.

Begitu uteroskop mencapai tempat batuan berada, peralatan khusus bisa menjebak batu atau menghancurkannya menjadi potongan-potongan kecil yang akan dikeluarkan ke dalam urin. Dokter dapat menempatkan tabung kecil (stent) di uretra untuk memudahkan pembengkakan dan meningkatkan penyembuhan. Anestesi umum atau lokal diperlukan selama prosedur ini.

3. Bedah

Dokter melakukannya melalui prosedur yang disebut nephrolithotomy perkutan dengan menggunakan teleskop kecil untuk melihat ginjal dan kemudian instrumen dimasukkan melalui sayatan di area pinggang untuk mengangkat batu. Prosedur ini dilakukan untuk menghilangkan batu ginjal yang besar dan jika ESWL tidak berhasil.

Selama operasi ini Anda akan berada di bawah anestesi umum (anestesi) dan mungkin harus tinggal di rumah sakit selama beberapa hari.

4. Mengobati Penyebab Kondisi

Selain pilihan terapeutik di atas, dokter Anda juga akan mencari penyebab mengapa Anda memiliki batu ginjal. Misalnya, ini mungkin karena kelenjar paratiroid yang terlalu aktif yang meningkatkan kadar kalsium dan menghasilkan batu kalsium fosfat. Jadi operasi kelenjar paratiroid dianjurkan dalam hal ini agar batu ginjal tidak terbentuk lagi.

Jadi itulah sedikit pembahasan mengenai obat batu ginjal alami tanpa obat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.


Baca juga :
Title: Obat Batu Ginjal Alami Tanpa Obat
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Unknown