Gaya Hidup Sehat Memperpanjang Hidup

Gaya Hidup Sehat Memperpanjang Hidup

Gaya Hidup Sehat Memperpanjang Hidup,- Apakah Anda menjalani gaya hidup sehat? Jika iya, Anda akan mendapatkan banyak manfaat karena telah menerapkan kebiasaan sehat.

Gaya Hidup Sehat Memperpanjang Hidup

Bahkan, sebuah studi baru-baru ini menunjukkan gaya hidup sehat bisa memperpanjang hidup Anda.

Mengutip situs web Health, hasil penelitian yang dipublikasikan difokuskan pada tiga kebiasaan untuk mendapatkan umur yang lebih panjang.

Pertama, para periset menyarankan untuk menghindari merokok. Kedua, Anda harus mengendalikan berat badan agar tetap seimbang, dan tidak mengkonsumsi alkohol.

Kebiasaan ini kemudian dikaitkan dengan peningkatan harapan hidup hingga tujuh tahun. Selain itu, studi tersebut menemukan bahwa orang yang menghindari ketiga kebiasaan buruk ini memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik.

1. Merokok, memicu masalah kesehatan.

Studi lain dari University of Michigan dan Max Planck Institute for Demographic Research, Jerman, juga menganalisis data yang berkaitan dengan gaya hidup masyarakat. Akibatnya, orang yang tidak pernah merokok memiliki berat badan yang lebih stabil dan seimbang. Padahal, mereka yang tidak merokok hidup lima tahun lebih lama dibanding orang yang merokok.

Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid, kebiasaan merokok bisa membahayakan hampir semua organ tubuh dan akan menimbulkan berbagai penyakit. Dalam satu batang rokok mengandung 7.000 bahan kimia, dan 200 di antaranya bersifat karsinogenik. Karsinogenik adalah zat yang merusak gen di dalam tubuh dan bisa memicu kanker, seperti kanker paru-paru, emfisema (kerusakan paru-paru), dan bronkitis kronis.

Merokok juga bisa memicu penyakit lain yang bisa merusak kesehatan, seperti pangerasan pembuluh darah yang bisa menyebabkan penyakit jantung, hipertensi, risiko stroke, menopause dini, osteoporosis, infertilitas, hingga impotensi.

2. Tips untuk berhenti merokok.

Agar memiliki gaya hidup sehat, Anda bisa berhenti merokok dengan beberapa tip. Pertama, Anda harus memiliki niat serius untuk berhenti merokok. Kemudian, beritahu orang-orang di sekitar bahwa Anda akan berhenti merokok. Anda bisa meminta dukungan mereka dan menjauh dari lingkungan perokok. Kemudian, carilah aktivitas yang berguna bagi tubuh dan selalu simpan permen di tas atau saku Anda.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, perubahan kebiasaan juga harus diimbangi dengan olahraga dan aktivitas fisik. Sebab, dengan menambahkan aktivitas fisik seperti berjalan kaki, Anda akan semakin merasakan manfaat yang sehat dan tentunya memiliki umur yang lebih panjang.

Hidup yang sehat, menjauhi tiga hal ini juga bisa mencegah Anda dari penyakit khas di usia tua. Pasalnya, Anda sudah terbiasa menjaga tubuh dan organ di dalamnya tetap sehat. Tubuh yang sehat adalah aset untuk menjalani kehidupan yang lebih baik di masa depan.

Padahal, merokok dan menjaga berat badan seimbang adalah kunci yang bisa membuat Anda berumur panjang. Ingat, merokok adalah kematian yang bisa dicegah. Sebelum terlambat, berhenti merokok untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda. Setelah itu, mulailah berolahraga, pertahankan berat badan, dan hindari alkohol.



Baca juga :
Title: Gaya Hidup Sehat Memperpanjang Hidup
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Writed by Unknown